Twitter Polres

Kapolres Metro Jakarta Pusat

Kapolres Metro Jakarta Pusat

KAPOLRESTRO JAKPUS LAUNCHING POLISI RW

Kapolres Metro Jakpus Kombespol Suyudi Ario Seto berharap melalui program Polisi RW yang akan diterapkan dijajarannya, anak buahnya bisa mencegah kejahatan tanpa bantuan masyarakat.
“Kita akui bahwa Polisi tidak bisa mencegah kejahatan tanpa bantuan masyarakat. Sehingga dengan program ini peran Polisi lebih efektif bekerja dengan masyarakat,” tegas Suyudi.
Hal itu mengemuka saat apel Bhabinkamtibmas dan launching Polisi RW sebagai pegemban Polmas di Lapangan Sepatu Roda Monas, Jakarta, Rabu (24/5).
Menurut dia, minimal kehadiran Polisi didalam warga setidaknya masyarakat bisa merasa nyaman. Selain itu, kata dia, kehadiran korps Bhayangkara juga mampu mapping dan mengambarkan situasi kompleksitas permasalahan (kamtibmas) diwilayahnya.
“Kerjasana Polri dengan pemerintahan daerah bisa lebih kuat lagi. Kasihan jika andalkan Babhinkamtibmas yang hanya seorang menyentuh wilayahnya,” terang dia.
Suyudi menjelaskan program Polisi RW ini yakni diharapkan sebagai fungsi pengembang agen binmas dan melihat situasi RW masing-masing yang bisa berpotensi gangguan kamtibmas dan secara tegas terstruktur.
“Kehadiran kita bisa menjawab permasalahan daerah diwilayah Jakpus. Kita harus menjadi Polisi antisipasi sebelum terjadi gangguan kamtibmas sehingga bisa melakukan langkah-langkah. Para Ketua RT/RW bisa berpatroli karena besarnya wilayah. Ini merupakan solusi jangka panjangnya yakni Polisi RW,” sebutnya.
Dia melanjutkan nantinya tugasnya Polisi RW mensosialisasikan tugas polisi dan menyampaikan isu atau pesan Kamtibmas disampaikan ke forum-forum RT maupun RW (saat berkumpul dengan masyarakat).
“Sambang door to door. Sampaikan ke sekolah-sekolah. Aktif juga untuk mengatasi permasalahan dan menyelesaikan konflik antar warga,” tandasnya.
[HUMAS POLRES METRO JAKARTA PUSAT]